Kumpulan RPP Akutansi SMK/SMA Kelas X
Dibawah ini adalah contoh dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Akutansi untuk kelas X Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). untuk mendownload silahkan klik link download yang ada di bawahnya.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pembelajaran :
Akuntansi
Kelas / Semester :
X/
Pertemuan Ke :
Alokasi Waktu :
Standar Kompetensi :
Mengerjakan
persamaan dasar akuntansi
Kompetensi Dasar :
Memahami dasar –
dasar akuntansi
Indikator
: Menyebutkan
pengertian akuntansi
Menjelaskan spesialisasi dalam
akuntansi
Mendeskrisikan jabatan dalam bidang
akuntansi
Mengidentifikasi pihak – pihak yang membutuhkan informasi akuntansi
Menerangkan prinsip – prinsip
akuntansi
I.
Tujuan Pembelajaran
·
Peserta didik mampu menyebutkan pengertian
akuntansi.
·
Peserta didiik mampu menjelaskan spesialisasi
dalam akuntansi
·
Mendeskripsikan jabatan dalam bidang akuntansi
· Mengidentifikasi pihak – pihak yang
membutuhkan informasi akuntansi
·
Menerangkan prinsip – prinsip akuntansi
II.
Materi Pembelajaran
·
Pengertian akuntansi.
Akuntansi menurut AAA (AMERICAN ACCOUNTING ASSOCIATION)
adalah proses mengidentifikasi, mengukur dan melaporkan informasi ekonomi untuk
memungkinkan adanya penilaian dan pengambilan keputusan yang jelas dan tegas
bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut.
·
Spesialisasi akuntansi.
Spesialisasi akuntansi menurut tujuannya terbagi menjadi, akuntansi keuangan,
akuntansi manajemen, akuntansi pemeriksaan, akuntansi biaya, akuntansi
prpajakan, akuntansi penganggaran, akuntansi pemerintahan dan system akuntansi.
· Deskripsi tugas dalam jabatan dalam bidang
akuntansi.
Jika seorang
akuntanbekerja untuk pmerintah, maka akuntan tersebut dapat menduduki jabatan
seperti di lembaga, BPK, BPKP, Direktorat Akuntan Negara, Depak, BUMD, BUMN
dll.
·
Pihak – pihak yang membutuhkan informasi
akuntansi.
Pihak yang memerlukan informasi akuntansi terdiri dari 2, yaitu pihak
intern dan pihak ekstern.
·
Prinsip – prinsip akuntansi
III. Metode
Pembelajaran
Ceramah dan diskusi.
IV.
Langkah – langkah Pembelajaran
Langkah – langkah Pembelajaran terdiri dari :
a. Kegiatan awal : Apersepsi tentang dasar – dasar
akuntansi.
b.
Kegiatan inti : Menjelaskan pengertian akuntansi,
spesialisasi dalam akuntansi, jabatan dalam akuntansi, yang membutuhkan
akuntansi serta prinsip – prinsip akuntansi
c. Kegiatan akhir :
Kesimpulan dari materi yang diPembelajarankan
V. Alat/Bahan/Sumber
Pembelajaran
·
Alat : Alat tulis, kalkulator.
·
Bahan : Format yg diperlukan
·
Sumber Pembelajaran: Buku & modul akuntansi
sebagai referensi dan bahan Pembelajaran lainnya
VI. Penilaian :
Penilaian teori secara lisan dan tulisan
Pekanbaru,
27 Juli 2009
Guru Mata Pembelajaran
Riska Ramadhona
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pembelajaran : Akuntansi
Kelas / Semester : X/
Pertemuan Ke :
Alokasi Waktu :
Standar Kompetensi :
Mengerjakan
persamaan dasar akuntansi
Kompetensi Dasar :
Mencatat transaksi
dalam persamaan dasar akuntansi
Indikator
: Menjelaskan pengertian dan penggunaan persamaan dasar akuntansi
Mengidentifikasi
bentuk persamaan dasar akuntansi
Mencatat
transaksi dalam persamaan dasar akuntansi
Menjelaskan pengertian harta, hutang dan
modal.
Menyebutkan
unsur – unsur laporan keuangan.
I.
Tujuan Pembelajaran
· Peserta didik mampu menjelaskan pengertian
dan penggunaan persamaan dasr akuntansi
·
Peserta didik mampu mengidentifikasi bentuk
persamaan dasar akuntansi
· Peserta didik mampu mencatat transaksi
dalam persamaan dasar akuntansi
· Peserta didik mampu menjelaskan pengertian
harta, utang dan modal.
· Peserta didik mampu menyebutkan unsur –
unsur laporan keuangan.
II.
Materi Pembelajaran
·
Pengertian, bentuk persamaan dasar akuntansi
Bentuk
persamaan dasar akuntansi adalah AKTIVA = HUTANG + MODAL. Atau AKTIVA =
PASSIVA
· Mencatat transaksi dalam persamaan dasar
akuntansi
· Pengertian harta, hutang dan modal serta
unsur – unsur laporan keuangan.
Harta adalah semua hak yang dapat digunakan dalam
operasi perusahaan. Sedangkan hutang adalah kewajiban untuk membayar kepada
pihak lain yang disebabkan oleh tindakan atau transaksi sebelumnya. Modal
adalah hak pemilik atas aktiva perusahaan yang merupakan kekayaan bersih.
III. Metode
Pembelajaran
Teori dan praktek.
IV. Langkah – langkah Pembelajaran
Langkah – langkah Pembelajaran terdiri dari :
a. Kegiatan awal : Apersepsi tentang persamaan dasar
akuntansi.
b.
Kegiatan inti :
Menjelaskan persamaan dasr akuntansi, bentuk peramaan dasar akuntansi, mencatat
transaksi ke dalam persamaan dasar akuntansi
Menjelaskan
pengertian harta, hutang dan modal serta unsur-unsur laporan keuangan.
c. Kegiatan akhir : Kesimpulan dari materi yang telah diPembelajarankan.
V. Alat/Bahan/Sumber
Pembelajaran
·
Alat : Alat tulis, kalkulator.
· Bahan :
Blanko akun buku besar .
· Sumber Pembelajaran : Buku
& modul akuntansi sebagai referensi dan bahan Pembelajaran lainnya.
VI. Penilaian : Penilaian teori secara lisan dan tulisan dan
penilaian praktek.
Pekanbaru,
27 Juli 2009
Guru Mata Pembelajaran
Riska Ramadhona
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pembelajaran :
Akuntansi
Kelas / Semester :
X/
Pertemuan Ke :
Alokasi Waktu :
Standar Kompetensi : Mengerjakan persamaan dasar akuntansi
Kompetensi Dasar : Menyusun laporan keuangan dari persamaaan dasar
akuntansi
Indikator : Menyusun laporan keuangan dari persamaan
dasar akuntansi
I.
Tujuan Pembelajaran
· Peserta didik mampu menyusun laporan
keuangan dari persamaan dasar akuntansi dengan teliti dan cermat.
II.
Materi Pembelajaran
·
Pengertian laporan keuangan.
Menurut SAK (Standar Akuntansi Keuangan) tujuan laporan
keuangan adalah untuk memberikan informasi yg
menyangkut tentang posisi keuangan, kinerja serta perubahan posisi
keuangan suatu perusahaan yang bermanfaat bagi sejumlah besar pemakai dalam
pengambilan keputusan ekonomi.
III. Metode Pembelajaran
Teori dan praktek.
IV. Langkah – langkah Pembelajaran
Langkah – langkah Pembelajaran terdiri dari :
a. Kegiatan awal : Apersepsi tentang penrsamaan dasar akuntansi.
b.
Kegiatan inti :
Menjelaskan persamaan dasar akuntansi, bentk persamaan dasar akuntansi,
mencatat transaksi ke dalam persamaan dasar akuntansi
Menjelaskan
pengertian harta, hutang dan modal serta unsure – unsure laporan keuangan.
c. Kegiatan akhir : Kesimpulan dari materi yang diPembelajarankan
V. Alat/Bahan/Sumber
Pembelajaran
·
Alat : Alat tulis, kalkulator dan penggaris.
·
Bahan : Format yg diperlukan
·
Sumber Pembelajaran: Buku & modul akuntansi
sebagai referensi dan bahan Pembelajaran lainnya.
VI. Penilaian :
Penilaian teori secara lisan
dan penugasan.
Pekanbaru,
27 Juli 2009
Guru Mata Pembelajaran
Riska Ramadhona
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pembelajaran :
Akuntansi
Kelas / Semester :
X/
Pertemuan Ke :
Alokasi Waktu :
Standar Kompetensi :
Mengelolah bukti
transaksi
Kompetensi Dasar : Menyiapkan bukti transaksi
Indikator : Menyebutkan peralatan yang dibutuhkan
untuk
penyiapan bukti transaksi keuangan
Menyiapkan bukti
transaksi keuangan
Mengelompokkan bukti transaksi keuangan
I.
Tujuan Pembelajaran
·
Peserta didik mampu menyebutkan peralatan yang
dibutuhkan untuk penyiapan bukti tansaksi keuangan.
·
Peserta didik mampu menyiapkan bukti transaksi
keuangan yang dibutuhkan
·
Peserta didik mampu mengelompokkan bukti
transaksi keuangan.
II.
Materi Pembelajaran
·
Peralatan yang dibutuhkan untuk penyiapan bukti
transaksi.
·
Bukti trnsaksi keuangan
III. Metode
Pembelajaran
Teori dan praktek.
IV.
Langkah – langkah Pembelajaran
Langkah – langkah Pembelajaran terdiri dari :
a. Kegiatan awal : Apersepsi tentang penyiapan bukti
transaksi keuangan.
b.
Kegiatan inti : Menjelaskan cara penyiapan bukti
transaksi keuangan
Menyediakan bukti transaksi
keuangan.
c. Kegiatan akhir :
Kesimpulan dari materi yang diPembelajarankan
V. Alat/Bahan/Sumber
Pembelajaran
·
Alat : Alat tulis, kalkulator dan penggaris.
·
Bahan : Format yg diperlukan
·
Sumber Pembelajaran: Buku & modul akuntansi
sebagai referensi dan bahan
Pembelajaran lainnya.
VI. Penilaian :
Penilaian teori secara lisan
dan penugasan.
Pekanbaru,
27 Juli 2009
Guru Mata Pembelajaran
Riska Ramadhona
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pembelajaran :
Akuntansi
Kelas / Semester :
X/
Pertemuan Ke :
Alokasi Waktu :
Standar Kompetensi : Mengelolah bukti transaksi
Kompetensi Dasar : Menyimpan bukti transaksi keuangan
Indikator :Menyebutkan peralatan yang dibutuhkan
untuk penyimpanan bukti transaksi
keuangan.
Menerapkan
teknik penyimpanan bukti transaksi
I.
Tujuan
Pembelajaran
·
Peserta didik mampu menyebutkan peralatan yang
dbutuhkan untuk penyimpanan bukti transaksi keuangan
·
Peserta didik mampu menerapkan teknik
penyimpanan bukti transaksi keuangan.
II.
Materi Pembelajaran
Penyimpanan bukti transaksi keuangan.
Bukti transaksi keuangan adalah bukti tertulis
tentang terjadinya transaksi keuangan, yang digunakan sebagai data awal atau
sumber pencatatan dalam akuntansi. Contohnya
kwitansi, faktur dll.
III. Metode Pembelajaran
Teori dan praktek.
IV. Langkah – langkah Pembelajaran
Langkah – langkah Pembelajaran terdiri dari :
·
Kegiatan awal : Apersepsi tentang
penyimpanan bukti transaksi keuangan.
·
Kegiatan inti
: Menjelaskan cara penyimpanan bukti transaksi keuangan dan menyediakan
bukti transaksi keuangan.
· Kegiatan akhir : Kesimpulan dari materi
yang telah diPembelajarankan
V. Alat/Bahan/Sumber
Pembelajaran
·
Alat : Alat tulis.
·
Bahan : Contoh bukti transaksi, kalkulator dan
penggaris.
· Sumber Pembelajaran :
Buku & modul akuntansi sebagai referensi.
VI. Penilaian
: Penilaian teori secara lisan dan tulisan dan
penugasan.
Pekanbaru,
27 Juli 2009
Guru Mata Pembelajaran
Riska Ramadhona
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pembelajaran : Akuntansi
Kelas / Semester :
X/
Pertemuan Ke :
Alokasi Waktu :
Standar Kompetensi : Mengelolah bukti transaksi
Kompetensi Dasar : Menyusun laporan keuangan
Indikator : Menganalisis bukti transaksi
Melakukan
penganalisisan bukti transaksi
I.
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu melakukan penganalisisan bukti
transaksi
II.
Materi Pembelajaran
Analisa bukti transaksi keuangan.
Adalah memeriksa kebenaran jumlah dan
keabsahan bukti transaksi yang bersangkutan. Setelah bukti transaksi dinyatakan
syah, selanjutnya dianalisis untuk menentukan akun yang harus dicatat di debit
dan akun yang akan dicatat di kredit.
III. Metode
Pembelajaran
Diskusi, Tanya jawab dan penugasan.
IV. Langkah
– langkah Pembelajaran
Langkah – langkah Pembelajaran terdiri dari:
·
Kegiatan awal : Apersepsi tentang bukti transaksi
· Kegiatan inti Menjelaskan cara menganalisa bukti transaksi keuangan
· Kegiatan akhir : kesimpulan dari materi yang telah diPembelajarankan
V.
Alat/Bahan/Sumber
Pembelajaran
·
Alat : Alat tulis.
·
Bahan : Contoh bukti transaksi,
kalkulator
dan penggaris.
· Sumber Pembelajaran :
Buku – buku akuntansi sebagai referensi.
VI. Penilaian : Penilaian
teori secara lisan dan penugasan.
Pekanbaru,
27 Juli 2009
Guru Mata Pembelajaran
Riska Ramadhona
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pembelajaran : Akuntansi
Kelas / Semester : X/
Pertemuan Ke :
Alokasi Waktu
:
Standar Kompetensi
: Mengelola buku jurnal
Kompetensi Dasar : Menyiapkan pengelolaan buku jurnal
Indikator : Menyebutkan peralatan yang dibutuhkan
untuk pengelolaan buku jurnal
Mengidentifikasi
data transaksi
I.
Tujuan Pembelajaran
·
Peserta didik mampu menyebutkan peralatan yang
dibutuhkan untuk pemgelolaan jurnal.
·
Peserta didik mampu mengidentifikasi data
transaksi
II.
Materi Pembelajaran
·
Peralatan yang dibutuhkan untuk mengelolah
jurnal.
·
Data transaksi
III. Metode
Pembelajaran
Diskusi, Tanya jawab dan Penugasan.
IV.
Langkah – langkah Pembelajaran
Langkah – langkah Pembelajaran terdiri dari :
a.
Kegiatan awal
: Apersepsi tentang buku jurnal.
b.
Kegiatan
inti : Menyiapkan peralatan yang
dibutukan untuk pengelolaan buku jurnal
Menyediakan
data transaksi.
c. Kegiatan akhir : Kesimpulan dari materi yang
diPembelajarankan
V. Alat/Bahan/Sumber
Pembelajaran
·
Alat : Alat tulis, kalkulator dan penggaris.
·
Bahan : Format yg diperlukan
·
Sumber Pembelajaran: Buku & modul akuntansi
sebagai referensi dan bahan Pembelajaran lainnya.
VI. Penilaian :
Penilaian teori secara lisan
dan penugasan.
Pekanbaru,
27 Juli 2009
Guru Mata Pembelajaran
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pembelajaran : Akuntansi
Kelas / Semester :
X/
Pertemuan Ke :
Alokasi Waktu :
Standar Kompetensi : Mengelolah buku jurnal
Kompetensi Dasar : Melakukan pencatatan transaksi ke dalam jurnal
Indikator : Menjelaskan teknik pengkodean akun
Membedakan jurnal umum dan jurnal khusus
Menganalisa transaksi yang terjadi dalam
perusahaan jasa maupun perusahaan dagang
Melakukan pencatatan transaksi ke dalam
jurnal umum dan jurnal khusus
Melakukan
rekapitulasi jurnal.
I.
Tujuan Pembelajaran
·
Peserta
didik mampu menjelaskan teknik pengkodan akun.
·
Peserta
didik mampu membedakan jurnal umum dan jurnal khusus
·
Peserta didik mampu menganalisa transaksi yang
terjadi dalam perusahaan jasa maupun perusahaan dagang.
·
Peserta
didik mampu melakukan pencatatan transaksi ke dalam jurnal umum dan
jurnal khusus.
·
Peserta
didik mampu melakukan rekap jurnal.
II.
Materi Pembelajaran
Kode
akun, buku jurnal umum dan buku jurnal khusus.
Akun adalah tempat yang digunakan untuk
mencatat dan menggolongkan transaksi yang sejenis.
Buku jurnal adalah buku untuk mencatat
analisis tiap transaksi secara kronologis sesuai dengan tanggal transaksi.
Buku jurnal khusus adalah jurnal yang secara
khusus digunakan untuk mencatat transaksi sejenis yang trjadi secara berulang –
ulang. Jurnal khusus terbagi menjadi 4 yaitu, jurnal penerimaan kas, jurnal
pengeluaran kas, jurnal pembelian, jurnal penjualan dan jurnal umum.
III. Metode Pembelajaran
Diskusi, Tanya jawab dan penugasan.
IV. Langkah
– langkah Pembelajaran
Langkah – langkah Pembelajaran terdiri dari:
·
Kegiatan awal : Apersepsi tentang pencatatan transaksi dlm jurnal
·
Kegiatan inti :
Menyiapkan nperalatan yang dibutuhkan untuk pencatatan transaksi dalam jurnal
dan menyediakan data transaksi.
· Kegiatan akhir :
kesimpulan dari materi yang telah diPembelajarankan
V.
Alat/Bahan/Sumber
Pembelajaran
·
Alat : Alat tulis.
·
Bahan : Contoh bukti transaksi, kalkulator
dan penggaris.
· Sumber Pembelajaran : Buku
– buku akuntansi sebagai referensi.
VI. Penilaian :
Penilaian teori secara lisan dan penugasan.
Pekanbaru,
27 Juli 2009
Guru Mata Pembelajaran
Riska Ramadhona
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pembelajaran : Akuntansi
Kelas / Semester : X/
Pertemuan Ke :
Alokasi Waktu :
Standar Kompetensi : Mengelolah buku jurnal
Kompetensi
Dasar :
Melakukan rekapitulasi jurnal
Indikator : Mengihktisarkan
rekapitulasi jurnal
Melakukan
rekapitulasi jurnal
I.
Tujuan Pembelajaran
·
Peserta didik mampu mengihktisarkan rekapitulasi
jurnal.
·
Peserta didiik mampu melakukan rekapitulasi
jurnal
II.
Materi Pembelajaran
·
Rekapitulasi jurnal.
III. Metode
Pembelajaran
Teori dan praktek.
IV.
Langkah – langkah Pembelajaran
Langkah – langkah Pembelajaran terdiri dari:
a.
Kegiatan awal
: Apersepsi tentang melakukan rekapitulasi jurnal.
b.
Kegiatan
inti : Menjelaskan pengihktisaran
rekapitulasi jurnal.
Menjelaskan
cara melakukan rekapitulasi jurnal
c. Kegiatan akhir : Kesimpulan dari materi yang
diPembelajarankan
V. Alat/Bahan/Sumber
Pembelajaran
·
Alat :
Alat tulis, kalkulator.
·
Bahan : Format yg diperlukan
·
Sumber Pembelajaran: Buku & modul akuntansi
sebagai referensi dan bahan Pembelajaran lainnya.
VI. Penilaian :
Penilaian teori secara lisan dan tulisan
Penilaian
praktek
Pekanbaru,
27 Juli 2009
Guru Mata Pembelajaran
Riska Ramadhona
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pembelajaran : Akuntansi
Kelas / Semester :
X/
Pertemuan Ke :
Alokasi Waktu :
Standar Kompetensi : Mengelolah buku besar
Kompetensi Dasar : Membukukan jumlah angka dari jurnal ke buku besar
Indikator : Menjelaskan teknik pengkodean referensi sebagai
bukti telah diposting ke buku besar
Menjelaskan
tata cara posting
Membukukan
jumlah angka dari jurnal ke buku besar
Melakukan pengisian kode akun ke kolom
referensi
I.
Tujuan Pembelajaran
· Peserta didik mampu menjelaskan teknik
pengkodan referensi sebagai bukti telah diposting ke buku besar
· Peserta didik mampu menjelaskan tata cara
posting.
· Peserta didik mampu membukukan jumlah
angka dari jurnal ke buku besar.
·
Peserta didik mampu melakukan pengisian kode
akun ke kolom referensi.
II.
Materi Pembelajaran
Kode
akun dalam kolom referensi dan tata cara posting.
Penomoran
kode akn dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu, dengan system numeric dan
system decimal.
III.
Metode
Pembelajaran
Teori dan praktek.
IV.
Langkah – langkah Pembelajaran
Langkah – langkah Pembelajaran terdiri dari:
·
Kegiatan awal :
Apersepsi tentang membukukan jumlah angka dari jurnal ke buku besar.
· Kegiatan inti : Menjelaskan pengkodean dalam kolom referensi dan
menjelaskan tata cara posting.
· Kegiatan akhir : kesimpulan dari materi yang telah diPembelajarankan
V.
Alat/Bahan/Sumber
Pembelajaran
·
Alat : Alat
tulis.
·
Bahan : Format
yang diperlukan, kalkulator
dan penggaris.
· Sumber Pembelajaran : Buku
& modul akuntansi sebagai referensi.
VI.
Penilaian : Penilaian teori secara lisan dan tulisan
dan praktek.
Pekanbaru,
27 Juli 2009
Guru Mata Pembelajaran
Riska Ramadhona
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pembelajaran : Akuntansi
Kelas / Semester : X/
Pertemuan Ke :
Alokasi Waktu
:
Standar Kompetensi : Mengelolah
buku besar
Kompetensi Dasar : Menyusun daftar saldo akun dalam buku besar
Indikator :
Menyusun daftar saldo
akun dalam buku besar umum dan daftar saldo dalam buku pembantu.
I.
Tujuan Pembelajaran
·
Peserta didik mampu menyusun daftar saldo akun
dalam buku besar umum dan buku besar pembantu
II.
Materi Pembelajaran
Daftar saldo akun dalam buku besar umum
dan buku besar pembantu.
Adalah daftar yang memuat
seluruh akun buku besar beserta jumlah saldonya masing – masing. Sumber
pencatatan daftar saldo adalah buku besar.
III. Metode Pembelajaran
Teori dan praktek.
IV. Langkah – langkah Pembelajaran
Langkah – langkah Pembelajaran terdiri dari :
a. Kegiatan awal : Apersepsi tentang menyusun
daftar saldo akun dalam buku besar.
b. Kegiatan
inti : Menjelaskan cara penyusunan
daftar akun dalam buku besar.
c. Kegiatan
akhir : Kesimpulan dari materi yang telah diPembelajarankan
V. Alat/Bahan/Sumber
Pembelajaran
·
Alat : Alat tulis.
· Bahan : Format yang diperlukan, kalkulator dan
penggaris.
· Sumber Pembelajaran : Buku & modul akuntansi sebagai referensi.
VI. Penilaian
: Penilaian teori secara lisan dan tulisan dan
penilaian praktek.
Pekanbaru,
27 Juli 2009
Guru Mata Pembelajaran
Riska Ramadhona
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pembelajaran : Akuntansi
Kelas / Semester : X/
Pertemuan Ke :
Alokasi Waktu :
Standar Kompetensi : Mengelolah buku besar
Kompetensi Dasar : Membukukan pencocokan saldo akun dalam
buku besar dengan buku pembantu
Indikator : Melakukan pencocokan saldo akun dalam buku
besar umum dengan buku besar pembantu.
II. Tujuan Pembelajaran
·
Peserta didik mampu melakukan pencocokan saldo
akun dalam buku besar umum dengan buku besar pembantu.
II.
Materi Pembelajaran
· Pencocokan saldo akun dalam buku besar
umum dengan buku besar pembantu.
III. Metode Pembelajaran
Teori dan praktek.
IV. Langkah – langkah Pembelajaran
Langkah – langkah Pembelajaran terdiri dari :
a.
Kegiatan
awal : Apersepsi tentang melakukan pencocokan saldo akun dalam buku
besar dengan buku pembantu..
b. Kegiatan inti : Menjelaskan pengkodean dalam
kolom referensi
Menjelaskan
cara pencocokan akun buku besar umum dengan buku besar pembantu.
c. Kegiatan akhir : Kesimpulan dari materi yang telah
diPembelajarankan.
V. Alat/Bahan/Sumber
Pembelajaran
·
Alat :
Alat tulis, kalkulator.
·
Bahan : Format yg diperlukan.
·
Sumber Pembelajaran: Buku & modul akuntansi
sebagai referensi dan bahan Pembelajaran lainnya.
VI. Penilaian
: Penilaian teori secara lisan dan tulisan dan
penilaian praktek.
Pekanbaru,
27 Juli 2009
Guru Mata Pembelajaran
Riska Ramadhona
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pembelajaran :
Akuntansi
Kelas / Semester :
X/
Pertemuan Ke :
Alokasi Waktu :
Standar Kompetensi :
Mengelolah buku
besar
Kompetensi Dasar : Mempersiapkan pengelolaan buku besar
Indikator : Menyebutkan
peralatan yang dibutuhkan
untuk pengelolaan buku besar dan buku
pembantu
Menjelaskan bentuk buku besar
dan buku pembantu
II. Tujuan Pembelajaran
·
Peserta didik mampu menyebutkan peralatan yang
dibutuhkan untuk pengelolaan buku besar dan buku pembantu.
· Peserta didiik mampu menjelaskan bentk
buku besar dan buku pembantu.
II.
Materi Pembelajaran
·
Peralatan yang dibutuhkan untuk pengelolaan buku
besar dan buku pembantu.
· Bentuk – bentuk buku besar dan buku
pembantu
III. Metode Pembelajaran
Teori dan praktek.
IV. Langkah – langkah Pembelajaran
Langkah – langkah Pembelajaran terdiri dari :
a. Kegiatan awal : Apersepsi tentang persiapan mengelola
buku besar.
b.
Kegiatan inti : Menjelaskan peralatan yang dibutuhkan
untuk pengelolaan buku besar dan buku pembantu
Menjelaskan
bentuk – bentuk buku besar dan buku
pembantu
c. Kegiatan akhir : Kesimpulan dari materi yang
diPembelajarankan
V. Alat/Bahan/Sumber
Pembelajaran
·
Alat : Alat tulis, kalkulator dan penggaris.
·
Bahan : Format yg diperlukan
·
Sumber Pembelajaran: Buku & modul akuntansi
sebagai referensi dan bahan Pembelajaran lainnya.
VI. Penilaian : Penilaian teori secara lisan dan tulisan dan praktek.
Pekanbaru,
27 Juli 2009
Guru Mata Pembelajaran
Riska Ramadhona
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pembelajaran :
Akuntansi
Kelas / Semester :
X/
Pertemuan Ke :
Alokasi Waktu :
Standar Kompetensi : Menyelesaikan siklus akuntansi perusahaan jasa
Kompetensi Dasar : Menyiapkan proses penyusunan laporan keuangan
Indikator : 1. Mampu menyebutkan macam – macam
laporan keuangan.
2. Mampu menguraikan bentuk laporan keuangan.
3. Mampu menyediakan peralatan yang
dibutuhkan untuk menyusun laporan
keuangan.
I.
Tujuan Pembelajaran
· Peserta didik mampu menyebutkan dan
membedakan macam dan bentuk laporan keuangan dengan benar.
II.
Materi Pembelajaran
·
Macam – macam laporan keuangan
Laporan
keuangan perusahaan meliputi neraca, laporan laba rugi, laporan perubahan
modal, laporan arus kas dan catatan atas laporan keuangan.
·
Bentuk – bentuk laporan keuangan.
Bentuk penyajian laporan keuangan dapat disusun dalam
bentuk akun atau bentuk laporan.
· Peralatan yang dibutuhkan untuk menyusun
laporan keuangan.
III. Metode Pembelajaran
Teori dan praktek.
IV. Langkah – langkah Pembelajaran
Langkah – langkah Pembelajaran terdiri dari:
a. Kegiatan awal : Penjelasan
singkat tentang macam dan bentuk laporan
keuangan .
b. Kegiatan inti :
Menugaskan peserta didik untuk membuat rancangan 4 macam dan 2 bentuk
laporan keuangan..
c. Kegiatan akhir :
Menyajikan rancangan 4 macam laporan keuangan dengan 2 bentuk laporan keuangan.
V. Alat/Bahan/Sumber
Pembelajaran
·
Alat : Alat tulis.
·
Bahan
: Kertas folio.
· Sumber Pembelajaran: Buku & modul akuntansi sebagai referensi.
VI. Penilaian : Penugasan mengerjakan rancangan 4 macam
laporan keuangan dan 2 bentuk laporan keuangan..
Pekanbaru,
27 Juli 2009
Guru Mata Pembelajaran
Riska Ramadhona
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pembelajaran :
Akuntansi
Kelas / Semester :
X/
Pertemuan Ke :
Alokasi Waktu :
Standar Kompetensi :
Menyelesaikan
siklus akuntansi perusahaan jasa
Kompetensi
Dasar : Menyusun neraca lajur
Indikator : Menyelesaikan
kertas kerja.
III. Tujuan Pembelajaran
· Peserta didik mampu mengerjakan kertas
kerja .
II.
Materi Pembelajaran
·
Kertas kerja.
Adalah alat Bantu untuk menyusun laporan
keuangan.Kertas kerja dapat berbentk 10 kolom, 8 kolom dan 12 kolom
III. Metode Pembelajaran
Teori dan praktek.
IV. Langkah – langkah Pembelajaran
Langkah – langkah Pembelajaran terdiri dari :
a. Kegiatan awal : Penjelasan singkat tentang
neraca lajur.
b.
Kegiatan inti : Mengerjakan neraca
lajur sesuai dengan waktu yang telah
ditetapkan.
c. Kegiatan
akhir : Menyajikan neraca lajur dengan benar
V. Alat/Bahan/Sumber
Pembelajaran
·
Alat : Alat tulis,
kalkulator.
· Bahan : Blanko neraca lajur & blanko jurnal penyesuaian
· Sumber Pembelajaran : Buku & modul akuntansi sebagai
referensi dan bahan Pembelajaran lainnya.
VI. Penilaian
: Penugasan mengerjakan neraca lajur.
Pekanbaru,
27 Juli 2009
Guru Mata Pembelajaran
Riska Ramadhona
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pembelajaran :
Akuntansi
Kelas / Semester :
X/
Pertemuan Ke :
Alokasi Waktu :
Standar Kompetensi :
Menyelesaikan
siklus akuntansi perusahaan jasa
Kompetensi Dasar :
Melakukan posting
ayat jurnal penyesuaian
Indikator
: Posting jurnal
penyesuaian k e akun buku besar.
IV. Tujuan Pembelajaran
· Peserta didik mampu melakukan posting
jurnal.
·
Penyesuaian ke akun buku besar
II.
Materi Pembelajaran
·
Posting jurnal penyesuaian ke akun buku besar.
Posting jurnal penyesuaian adalah pemindah bukuan dari
jurnal penyesuaian ke akun buku besar.
III. Metode Pembelajaran
Teori dan praktek.
IV. Langkah – langkah Pembelajaran
Langkah – langkah Pembelajaran terdiri dari :
a.
Kegiatan awal
: Penjelasan tentang posting
jurnal penyesuaian.
b. Kegiatan
inti : Mengerjakan posting jurnal
penyesuaian kea kun buku besar.
c. Kegiatan akhir : Menyajikan hasil posting jurnal
penyesuaian dengan benar
V. Alat/Bahan/Sumber
Pembelajaran
·
Alat : Alat tulis, kalkulator.
·
Bahan
: Blanko akun buku besar
·
Sumber Pembelajaran : Buku & modul akuntansi
sebagai referensi dan bahan Pembelajaran lainnya.
VI. Penilaian : Penugasan mengerjakan posting jurnal
penyesuaian dari data penyesuaian ke akun buku besar.
Pekanbaru,
27 Juli 2009
Guru Mata Pembelajaran
Riska Ramadhona
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pembelajaran :
Akuntansi
Kelas / Semester :
X/
Pertemuan Ke :
Alokasi Waktu :
Standar Kompetensi : Menyelesaikan siklus akuntansi perusahaan jasa
Kompetensi Dasar : Menyusun laporan keuangan
Indikator : Mengiktisarkan data dalam neraca
Mengiktisarkan data dalam laporan modal
atau laporan saldo laba
Mengiktisarkan
data dalam laporan arus kas
Mengiktisarkan
data dalam laporan tambahan lain yang diperlukan perusahaan
II.
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu mengerjakan laporan keuangan, yang
terdiri dari laporan laba rugi, laba ditahan, neraca dan laporan arus kas
dengan benar
III. Materi
Pembelajaran
Laporan keuangan terdiri dari:
·
Laporan
laba – Rugi, yaitu laporan keuangan yang memberikan informasi keberhasilan yang
dicapai atau kegagalan yang menimpa suatu perusahaan dalam rangka menjalankan
usahanya selama jangka waktu tertentu, yang dinilai dengan jumlah satuan uang.
·
Laporan
neraca, yaitu laporan keuangan yang disusun secara sistematis yang
menggambarkan posisi keuangan pada suatu saat tertentu yang terdiri dari
aktiva, kewajiban dan ekuitas.
·
Laporan
perubahan modal atau laporan arus kas, yaitu laporan keuangan yang memberikan
informasi yang menggambarkan informasi mengenai perubahan yang terjai atas
ekuitas pada suatu periode.
IV. Metode
Pembelajaran
Teori dan praktek
V.
Langkah – langkah Pembelajaran
Langkah – langkah Pembelajaran terdiri dari:
·
Kegiatan awal : Penjelasan singkat laporan keuangan
· Kegiatan inti :
Mengerjakan laporan laba rugi, laporan perubahan modal, laporan neraca
dan laporan arus kas.
· Kegiatan akhir :
Menyajikan laporan keuangan dengan benar
VI. Alat/Bahan/Sumber Pembelajaran
· Alat : Kalkulator, penggaris, dan alat tulis lain
·
Bahan : Blanko laba rugi, laporan perubahan modal,
neraca dan blanko laporan arus kas.
·
Sumber Pembelajaran :
Buku – buku akuntansi sebagai referensi dan bahan Pembelajaran lainnya
atau modul.
VII.
Penilaian : Penugasan mengerjakan laporan laba rugi, laporan perubahan modal, laporan
neraca dan laporan arus kas.
Pekanbaru,
27 Juli 2009
Guru Mata Pembelajaran
Riska Ramadhona
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pembelajaran :
Akuntansi
Kelas / Semester :
X/
Pertemuan Ke :
Alokasi Waktu :
Standar Kompetensi : Menyelesaikan siklus akuntansi perusahaan jasa
Kompetensi Dasar : Membuat jurnal penutup
Indikator : Menguraikan ayat – ayat penutup
Mengiktisarkan rekapitulasi jurnal penutup
I.
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu mengerjakan jurnal penutup
dengan benar.
II. Materi Pembelajaran
·
Ayat jurnal penutup
Cara untuk membuat ayat penutup, adalah menutup buku
besar dan membuat neraca sisa setelah penutupan dalam perusahaan dagang sama
dengan perusahaan jasa.
·
Rekapitulasi jurnal penutup
III. Metode
Pembelajaran : Teori dan praktek
IV.
Langkah –
langkah Pembelajaran
Langkah – langkah Pembelajaran
terdiri dari :
· Kegiatan awal :
Penjelasan singkat jurnal penutup
·
Kegiatan inti : Mengerjakan jurnal penutup dari data
akun laba- rugi dan mengihktisarkan rekapitulasinya
·
Kegiatan akhir : Menyajikan hasil pengerjaan
jurnal penutup dan mengihktisarnya
V. Alat/Bahan/Sumber Pembelajaran
Alat
: Kalkulator, penggaris, dan alat tulis lain
Bahan : Blanko jurnal
Sumber
Pembelajaran : Buku – buku akuntansi
sebagai referensi dan bahan Pembelajaran
lainnya atau modul.
VI. Penilaian : Penugasan mengerjakan jurnal
penutup dan mengihktisarkan rekapitulasinya dari data akun laba – rugi.
Pekanbaru,
27 Juli 2009
Guru Mata Pembelajaran
Riska Ramadhona
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pembelajaran : Akuntansi
Kelas / Semester : X/
Pertemuan Ke :
Alokasi Waktu
:
Standar Kompetensi : Menyelesaikan siklus akuntansi perusahaan jasa
Kompetensi Dasar : Membukukan jurnal penutup
Indikator : Melakukan posting jurnal penutup ke akun
buku besar
V. Tujuan Pembelajaran
· Peserta didik mampu mengerjakan posting
dari jurnal penutup ke akun buku besar laba – rugi..
II.
Materi Pembelajaran
· Akun buku besar dan buku pembantu yang
diperlukan
·
Menyajikan jurnal penutup.
III. Metode
Pembelajaran
Teori dan praktek.
IV.
Langkah – langkah Pembelajaran
Langkah – langkah Pembelajaran terdiri dari:
a.
Kegiatan awal :
Penjelasan singkat tentang posting jurnal penutup.
b. Kegiatan inti : Mengerjakan posting jurnal penutup ke
akun buku besar.
c.
Kegiatan akhir : Menyajikan hasil
posting pengerjaan jurnal penutup ke akun laba - rugi.
V. Alat/Bahan/Sumber
Pembelajaran
·
Alat : Alat
tulis, kalkulator.
· Bahan :
Blanko akun buku besar .
· Sumber Pembelajaran :
Buku & modul akuntansi sebagai referensi dan bahan Pembelajaran lainnya.
VI. Penilaian
: Penugasan mengerjakan poeting jurnal penutup ke
akun laba – rugi.
Pekanbaru,
27 Juli 2009
Guru Mata Pembelajaran
Riska Ramadhona
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pembelajaran :
Akuntansi
Kelas / Semester :
X/
Pertemuan Ke :
Alokasi Waktu :
Standar Kompetensi :
Menyelesaikan
siklus akuntansi perusahaan jasa
Kompetensi Dasar :
Menyusun daftar
saldo setelah penutupan
Indikator
: Meringkas daftar
saldo setelah penutupan.
VI. Tujuan Pembelajaran
· Peserta didik mampu mengerjakan daftar
saldo setelah penutupan.
II.
Materi Pembelajaran
·
Daftar saldo setelah penutupan.
Tujuannya adalah untuk memastian bahwa sebelum memulai
pencatatan data akuntansi periode berikutnya, akun – akun buku besar dalam
keadaan seimbang.
III. Metode Pembelajaran
Teori dan praktek.
IV. Langkah – langkah Pembelajaran
Langkah – langkah Pembelajaran terdiri dari :
a.
Kegiatan awal
: Penjelasan singkat saldo setelah penutupan.
b.
Kegiatan
inti : Mengerjakan daftar
saldo setelah penutupan.
c.
Kegiatan
akhir : Menyajikan hasil penyusunan
daftar saldo setelah penutupan
V. Alat/Bahan/Sumber
Pembelajaran
·
Alat : Alat tulis, kalkulator.
· Bahan : Blanko daftar saldo setelah penutupan
· Sumber Pembelajaran: Buku & modul
akuntansi sebagai referensi dan bahan Pembelajaran lainnya.
VI. Penilaian : Penugasan mengerjakan daftar saldo setelah penutupan.
Pekanbaru,
27 Juli 2009
Guru Mata Pembelajaran
Riska Ramadhona
0 komentar:
Posting Komentar