Kumpulan RPP Akutansi SMK/SMA Kelas X

Written By M. Yazid on Jumat, 18 November 2011 | 06.30


Kumpulan RPP Akutansi SMK/SMA Kelas X

Dibawah ini adalah contoh dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Akutansi untuk kelas X Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). untuk mendownload silahkan klik link download yang ada di bawahnya.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pembelajaran         :  Akuntansi                    
Kelas / Semester                :  X/                     
Pertemuan Ke                   :                    
Alokasi Waktu                 : 
Standar Kompetensi       :  Mengerjakan persamaan dasar akuntansi
Kompetensi Dasar           :  Memahami dasar – dasar akuntansi
   Indikator                           : Menyebutkan pengertian akuntansi
          Menjelaskan spesialisasi dalam akuntansi
          Mendeskrisikan jabatan dalam bidang akuntansi
          Mengidentifikasi pihak – pihak yang membutuhkan informasi akuntansi
          Menerangkan prinsip – prinsip akuntansi

I.          Tujuan Pembelajaran
·    Peserta didik mampu menyebutkan pengertian akuntansi.
·    Peserta didiik mampu menjelaskan spesialisasi dalam akuntansi
·    Mendeskripsikan jabatan dalam bidang akuntansi
·    Mengidentifikasi pihak – pihak yang membutuhkan informasi akuntansi
·    Menerangkan prinsip – prinsip akuntansi

II.          Materi Pembelajaran
·    Pengertian akuntansi.
Akuntansi menurut AAA (AMERICAN ACCOUNTING ASSOCIATION) adalah proses mengidentifikasi, mengukur dan melaporkan informasi ekonomi untuk memungkinkan adanya penilaian dan pengambilan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut.
·    Spesialisasi akuntansi.
Spesialisasi akuntansi menurut tujuannya terbagi menjadi, akuntansi keuangan, akuntansi manajemen, akuntansi pemeriksaan, akuntansi biaya, akuntansi prpajakan, akuntansi penganggaran, akuntansi pemerintahan dan system akuntansi.
·    Deskripsi tugas dalam jabatan dalam bidang akuntansi.
Jika seorang akuntanbekerja untuk pmerintah, maka akuntan tersebut dapat menduduki jabatan seperti di lembaga, BPK, BPKP, Direktorat Akuntan Negara, Depak, BUMD, BUMN dll.
·    Pihak – pihak yang membutuhkan informasi akuntansi.
Pihak yang memerlukan informasi akuntansi terdiri dari 2, yaitu pihak intern dan pihak ekstern.
·    Prinsip – prinsip akuntansi

III.   Metode Pembelajaran
          Ceramah dan diskusi.

IV.   Langkah – langkah Pembelajaran
          Langkah – langkah Pembelajaran terdiri dari :
a.      Kegiatan awal       : Apersepsi tentang dasar – dasar akuntansi.
b.     Kegiatan inti    : Menjelaskan pengertian akuntansi, spesialisasi dalam akuntansi, jabatan dalam akuntansi, yang membutuhkan akuntansi serta prinsip – prinsip akuntansi
c.     Kegiatan akhir       :  Kesimpulan dari materi yang diPembelajarankan

V.     Alat/Bahan/Sumber Pembelajaran
·      Alat                          :  Alat tulis, kalkulator.
·      Bahan                        :  Format yg diperlukan
·      Sumber Pembelajaran: Buku & modul akuntansi sebagai referensi dan bahan Pembelajaran lainnya

VI.   Penilaian           :    Penilaian teori secara lisan dan tulisan
                                                



                                                            Pekanbaru, 27 Juli 2009
                                                             Guru Mata Pembelajaran


                                                            Riska Ramadhona





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pembelajaran         :  Akuntansi                     
Kelas / Semester               :  X/                     
Pertemuan Ke                  :                    
Alokasi Waktu                :   
Standar Kompetensi       :   Mengerjakan persamaan dasar akuntansi
Kompetensi Dasar          :  Mencatat transaksi dalam persamaan dasar akuntansi
 Indikator                       :  Menjelaskan pengertian dan penggunaan persamaan dasar akuntansi
                                                 Mengidentifikasi bentuk persamaan dasar akuntansi
                                                 Mencatat transaksi dalam persamaan dasar akuntansi
                                                 Menjelaskan pengertian harta, hutang dan modal.
                                                 Menyebutkan unsur – unsur laporan keuangan.

I.        Tujuan Pembelajaran
·    Peserta didik mampu menjelaskan pengertian dan penggunaan persamaan dasr akuntansi
·    Peserta didik mampu mengidentifikasi bentuk persamaan dasar akuntansi
·    Peserta didik mampu mencatat transaksi dalam persamaan dasar akuntansi
·    Peserta didik mampu menjelaskan pengertian harta, utang dan modal.
·    Peserta didik mampu menyebutkan unsur – unsur laporan keuangan.

II.          Materi Pembelajaran
·    Pengertian, bentuk persamaan dasar akuntansi
Bentuk persamaan dasar akuntansi adalah AKTIVA = HUTANG + MODAL. Atau AKTIVA = PASSIVA
·    Mencatat transaksi dalam persamaan dasar akuntansi
·    Pengertian harta, hutang dan modal serta unsur – unsur laporan keuangan.
Harta adalah semua hak yang dapat digunakan dalam operasi perusahaan. Sedangkan hutang adalah kewajiban untuk membayar kepada pihak lain yang disebabkan oleh tindakan atau transaksi sebelumnya. Modal adalah hak pemilik atas aktiva perusahaan yang merupakan kekayaan bersih.

III.   Metode Pembelajaran
          Teori dan praktek.

IV.   Langkah – langkah Pembelajaran
          Langkah – langkah Pembelajaran terdiri dari :
a.      Kegiatan awal      : Apersepsi tentang persamaan dasar akuntansi.
b.     Kegiatan inti        : Menjelaskan persamaan dasr akuntansi, bentuk peramaan dasar akuntansi, mencatat transaksi ke dalam persamaan dasar akuntansi
Menjelaskan pengertian harta, hutang dan modal serta unsur-unsur laporan keuangan.
c.     Kegiatan akhir     : Kesimpulan dari materi yang telah diPembelajarankan.

V.     Alat/Bahan/Sumber Pembelajaran
·      Alat                                  :  Alat tulis, kalkulator.
·      Bahan                               :  Blanko akun buku besar .
·      Sumber Pembelajaran   : Buku & modul akuntansi sebagai referensi dan bahan Pembelajaran lainnya.

VI.   Penilaian                               : Penilaian teori secara lisan dan tulisan dan penilaian praktek. 




                                                            Pekanbaru, 27 Juli 2009
                                                             Guru Mata Pembelajaran


                                                            Riska Ramadhona




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pembelajaran             :  Akuntansi                
Kelas / Semester                    :  X/                 
Pertemuan Ke                       :                            
Alokasi Waktu                     : 
Standar Kompetensi            : Mengerjakan persamaan dasar akuntansi
Kompetensi Dasar       : Menyusun laporan keuangan dari persamaaan dasar akuntansi
 Indikator                            : Menyusun laporan keuangan dari persamaan
                                                dasar akuntansi

I.            Tujuan Pembelajaran
·    Peserta didik mampu menyusun laporan keuangan dari persamaan dasar akuntansi dengan teliti dan cermat.

II.          Materi Pembelajaran
·    Pengertian laporan keuangan.
Menurut SAK (Standar Akuntansi Keuangan) tujuan laporan keuangan adalah untuk memberikan informasi yg  menyangkut tentang posisi keuangan, kinerja serta perubahan posisi keuangan suatu perusahaan yang bermanfaat bagi sejumlah besar pemakai dalam pengambilan keputusan ekonomi.

III.   Metode Pembelajaran
          Teori dan praktek.

IV.   Langkah – langkah Pembelajaran
          Langkah – langkah Pembelajaran terdiri dari :
a.      Kegiatan awal  : Apersepsi tentang penrsamaan dasar akuntansi.
b.     Kegiatan inti    :    Menjelaskan persamaan dasar akuntansi, bentk persamaan dasar akuntansi, mencatat transaksi ke dalam persamaan dasar akuntansi
Menjelaskan pengertian harta, hutang dan modal serta unsure – unsure laporan keuangan.
c.     Kegiatan akhir :  Kesimpulan dari materi yang diPembelajarankan

V.     Alat/Bahan/Sumber Pembelajaran
·      Alat                          :  Alat tulis, kalkulator dan penggaris.
·      Bahan                        :  Format yg diperlukan
·      Sumber Pembelajaran: Buku & modul akuntansi sebagai referensi dan bahan Pembelajaran lainnya.

VI.   Penilaian           :    Penilaian teori secara lisan  dan penugasan.
                                                



                                                            Pekanbaru, 27 Juli 2009
                                                             Guru Mata Pembelajaran


                                                            Riska Ramadhona






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pembelajaran              :  Akuntansi               
Kelas / Semester                     :  X/                
Pertemuan Ke                        :                           
Alokasi Waktu                      : 
Standar Kompetensi             :  Mengelolah bukti transaksi
Kompetensi Dasar                 :  Menyiapkan bukti transaksi
Indikator                                : Menyebutkan peralatan yang dibutuhkan
    untuk   penyiapan bukti transaksi keuangan
                                                    Menyiapkan bukti transaksi keuangan
                                                    Mengelompokkan bukti transaksi keuangan

I.          Tujuan Pembelajaran
·    Peserta didik mampu menyebutkan peralatan yang dibutuhkan untuk penyiapan bukti tansaksi keuangan.
·    Peserta didik mampu menyiapkan bukti transaksi keuangan yang dibutuhkan
·    Peserta didik mampu mengelompokkan bukti transaksi keuangan.

II.          Materi Pembelajaran
·    Peralatan yang dibutuhkan untuk penyiapan bukti transaksi.
·    Bukti trnsaksi keuangan

III.   Metode Pembelajaran
          Teori dan praktek.

IV.   Langkah – langkah Pembelajaran
          Langkah – langkah Pembelajaran terdiri dari :
a.      Kegiatan awal       : Apersepsi tentang penyiapan bukti transaksi keuangan.
b.     Kegiatan inti          : Menjelaskan cara penyiapan bukti transaksi keuangan
                                                 Menyediakan bukti transaksi keuangan.
c.     Kegiatan akhir       :  Kesimpulan dari materi yang diPembelajarankan

V.     Alat/Bahan/Sumber Pembelajaran
·      Alat                          :  Alat tulis, kalkulator dan penggaris.
·      Bahan                        :  Format yg diperlukan
·      Sumber Pembelajaran: Buku & modul akuntansi sebagai referensi dan bahan   Pembelajaran lainnya.

VI.   Penilaian           :    Penilaian teori secara lisan  dan penugasan.
                                                



                                                            Pekanbaru, 27 Juli 2009
                                                             Guru Mata Pembelajaran


                                                            Riska Ramadhona










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pembelajaran           :  Akuntansi                  
Kelas / Semester                  :  X/                   
Pertemuan Ke                     :                  
Alokasi Waktu                    :
Standar Kompetensi          : Mengelolah bukti transaksi
Kompetensi Dasar              : Menyimpan bukti transaksi keuangan
 Indikator                             :Menyebutkan peralatan yang dibutuhkan untuk    penyimpanan bukti transaksi keuangan.
Menerapkan teknik penyimpanan bukti transaksi
I.          Tujuan Pembelajaran
·    Peserta didik mampu menyebutkan peralatan yang dbutuhkan untuk penyimpanan bukti transaksi keuangan
·    Peserta didik mampu menerapkan teknik penyimpanan bukti transaksi keuangan.

II.          Materi Pembelajaran
          Penyimpanan bukti transaksi keuangan.
          Bukti transaksi keuangan adalah bukti tertulis tentang terjadinya transaksi keuangan, yang digunakan sebagai data awal atau sumber pencatatan dalam akuntansi. Contohnya kwitansi, faktur dll.

III.   Metode Pembelajaran
          Teori dan praktek.

IV.   Langkah – langkah Pembelajaran
          Langkah – langkah Pembelajaran terdiri dari :
·                                                                                  Kegiatan awal : Apersepsi tentang penyimpanan bukti transaksi keuangan.
·      Kegiatan inti   : Menjelaskan cara penyimpanan bukti transaksi keuangan dan menyediakan bukti transaksi keuangan.
·      Kegiatan akhir : Kesimpulan dari materi yang telah diPembelajarankan

V.     Alat/Bahan/Sumber Pembelajaran
·      Alat                                :  Alat tulis.
·      Bahan                            :  Contoh bukti transaksi, kalkulator dan penggaris.
·  Sumber Pembelajaran   :  Buku & modul akuntansi sebagai referensi.

VI.   Penilaian                :  Penilaian teori secara lisan dan tulisan dan penugasan.


                                                            Pekanbaru, 27 Juli 2009
                                                             Guru Mata Pembelajaran


                                                            Riska Ramadhona


  



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pembelajaran      :  Akuntansi            
Kelas / Semester                  :  X/                   
Pertemuan Ke                     :                  
Alokasi Waktu                   : 
Standar Kompetensi          : Mengelolah bukti transaksi   
Kompetensi Dasar              : Menyusun laporan keuangan
Indikator                             : Menganalisis bukti transaksi   
                                      Melakukan penganalisisan bukti transaksi

I.            Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu melakukan penganalisisan bukti transaksi

II.         Materi Pembelajaran
          Analisa bukti transaksi keuangan.
          Adalah memeriksa kebenaran jumlah dan keabsahan bukti transaksi yang bersangkutan. Setelah bukti transaksi dinyatakan syah, selanjutnya dianalisis untuk menentukan akun yang harus dicatat di debit dan akun yang akan dicatat di kredit.

III.       Metode Pembelajaran
          Diskusi, Tanya jawab dan penugasan.

IV.       Langkah – langkah Pembelajaran
          Langkah – langkah Pembelajaran terdiri dari:
·      Kegiatan awal           :  Apersepsi tentang bukti transaksi
·      Kegiatan inti                Menjelaskan cara menganalisa bukti transaksi keuangan
·      Kegiatan akhir          :  kesimpulan dari materi yang telah diPembelajarankan


V.          Alat/Bahan/Sumber Pembelajaran
·      Alat                                     :  Alat tulis.
·      Bahan                                    : Contoh bukti transaksi, kalkulator
                                                    dan penggaris.
·      Sumber Pembelajaran        :  Buku – buku akuntansi sebagai referensi.

VI.       Penilaian                                :  Penilaian teori secara lisan dan penugasan.   



                                                            Pekanbaru, 27 Juli 2009
                                                             Guru Mata Pembelajaran


                                                            Riska Ramadhona













RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pembelajaran               :  Akuntansi              
Kelas / Semester                       :  X/              
Pertemuan Ke                          :                         
Alokasi Waktu                        :  
Standar Kompetensi               : Mengelola buku jurnal
Kompetensi Dasar                   : Menyiapkan pengelolaan buku jurnal
 Indikator                                 : Menyebutkan peralatan yang dibutuhkan
                                                     untuk pengelolaan buku jurnal
                                                      Mengidentifikasi data transaksi

I.        Tujuan Pembelajaran
·    Peserta didik mampu menyebutkan peralatan yang dibutuhkan untuk pemgelolaan jurnal.
·    Peserta didik mampu mengidentifikasi data transaksi

II.          Materi Pembelajaran
·    Peralatan yang dibutuhkan untuk mengelolah jurnal.
·    Data transaksi

III.   Metode Pembelajaran
          Diskusi, Tanya jawab dan Penugasan.

IV.   Langkah – langkah Pembelajaran
          Langkah – langkah Pembelajaran terdiri dari :
a.      Kegiatan awal      : Apersepsi tentang buku jurnal.
b.     Kegiatan inti        : Menyiapkan peralatan yang dibutukan untuk pengelolaan buku jurnal
                                                Menyediakan data transaksi.
c.     Kegiatan akhir     : Kesimpulan dari materi yang diPembelajarankan

V.     Alat/Bahan/Sumber Pembelajaran
·      Alat                          :  Alat tulis, kalkulator dan penggaris.
·      Bahan                        :  Format yg diperlukan
·      Sumber Pembelajaran: Buku & modul akuntansi sebagai referensi dan bahan Pembelajaran lainnya.

VI.   Penilaian           :    Penilaian teori secara lisan  dan penugasan.
                                                



                                                            Pekanbaru, 27 Juli 2009
                                                             Guru Mata Pembelajaran








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pembelajaran           :  Akuntansi                   
Kelas / Semester                  :  X/                   
Pertemuan Ke                     :                  
Alokasi Waktu                    : 
Standar Kompetensi          : Mengelolah buku jurnal
Kompetensi Dasar              : Melakukan pencatatan transaksi ke dalam jurnal
Indikator                             : Menjelaskan teknik pengkodean akun
                                      Membedakan jurnal umum dan jurnal khusus
                                                Menganalisa transaksi yang terjadi dalam perusahaan jasa maupun perusahaan dagang
                                                Melakukan pencatatan transaksi ke dalam jurnal umum dan jurnal khusus
                                                Melakukan rekapitulasi jurnal.

I.            Tujuan Pembelajaran
·        Peserta didik mampu menjelaskan teknik pengkodan akun.
·        Peserta didik mampu membedakan jurnal umum dan jurnal khusus
·        Peserta didik mampu menganalisa transaksi yang terjadi dalam perusahaan jasa maupun perusahaan dagang.
·        Peserta didik mampu melakukan pencatatan transaksi ke dalam jurnal umum  dan jurnal khusus.
·        Peserta didik mampu melakukan rekap jurnal.

II.         Materi Pembelajaran
          Kode akun, buku jurnal umum dan buku jurnal khusus.
          Akun adalah tempat yang digunakan untuk mencatat dan menggolongkan transaksi yang sejenis.
          Buku jurnal adalah buku untuk mencatat analisis tiap transaksi secara kronologis sesuai dengan tanggal transaksi.
          Buku jurnal khusus adalah jurnal yang secara khusus digunakan untuk mencatat transaksi sejenis yang trjadi secara berulang – ulang. Jurnal khusus terbagi menjadi 4 yaitu, jurnal penerimaan kas, jurnal pengeluaran kas, jurnal pembelian, jurnal penjualan dan jurnal umum. 

III.     Metode Pembelajaran
          Diskusi, Tanya jawab dan penugasan.

IV.       Langkah – langkah Pembelajaran
          Langkah – langkah Pembelajaran terdiri dari:
·                                                                                  Kegiatan awal        : Apersepsi tentang pencatatan transaksi dlm jurnal
·      Kegiatan inti                : Menyiapkan nperalatan yang dibutuhkan untuk pencatatan transaksi dalam jurnal dan menyediakan data transaksi.
·      Kegiatan akhir          :  kesimpulan dari materi yang telah diPembelajarankan

V.            Alat/Bahan/Sumber Pembelajaran
·      Alat                                        :  Alat tulis.
·      Bahan                                     :  Contoh bukti transaksi, kalkulator
                                                       dan penggaris.
·      Sumber Pembelajaran           :  Buku – buku akuntansi sebagai referensi.

VI.       Penilaian                                  :  Penilaian teori secara lisan dan penugasan. 



                                                            Pekanbaru, 27 Juli 2009
                                                             Guru Mata Pembelajaran


                                                            Riska Ramadhona


  
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pembelajaran         :  Akuntansi                    
Kelas / Semester                :  X/                     
Pertemuan Ke                   :                    
Alokasi Waktu                 :
Standar Kompetensi       :  Mengelolah buku jurnal
Kompetensi Dasar           :  Melakukan rekapitulasi jurnal
   Indikator                           : Mengihktisarkan rekapitulasi jurnal
          Melakukan rekapitulasi jurnal

I.          Tujuan Pembelajaran
·    Peserta didik mampu mengihktisarkan rekapitulasi jurnal.
·    Peserta didiik mampu melakukan rekapitulasi jurnal

II.          Materi Pembelajaran
·    Rekapitulasi jurnal.

III.   Metode Pembelajaran
          Teori dan praktek.

IV.   Langkah – langkah Pembelajaran
          Langkah – langkah Pembelajaran terdiri dari:
a.      Kegiatan awal       : Apersepsi tentang melakukan rekapitulasi jurnal.
b.     Kegiatan inti         : Menjelaskan pengihktisaran rekapitulasi jurnal.
                                       Menjelaskan cara melakukan rekapitulasi jurnal
c.     Kegiatan akhir      : Kesimpulan dari materi yang diPembelajarankan

V.     Alat/Bahan/Sumber Pembelajaran
·      Alat                          :  Alat tulis, kalkulator.
·      Bahan                        :  Format yg diperlukan
·      Sumber Pembelajaran: Buku & modul akuntansi sebagai referensi dan bahan Pembelajaran lainnya.

VI.   Penilaian           :    Penilaian teori secara lisan dan tulisan
                                          Penilaian praktek  



                                                            Pekanbaru, 27 Juli 2009
                                                             Guru Mata Pembelajaran


                                                            Riska Ramadhona






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pembelajaran           :  Akuntansi                  
Kelas / Semester                  :  X/                   
Pertemuan Ke                     :                  
Alokasi Waktu                   :
Standar Kompetensi          : Mengelolah buku besar
Kompetensi Dasar              : Membukukan jumlah angka dari jurnal ke buku besar
Indikator                             : Menjelaskan teknik pengkodean referensi sebagai bukti telah diposting ke buku besar
                                                Menjelaskan tata cara posting
                                                Membukukan jumlah angka dari jurnal ke buku besar
                                                Melakukan pengisian kode akun ke kolom referensi

 I.            Tujuan Pembelajaran
·      Peserta didik mampu menjelaskan teknik pengkodan referensi sebagai bukti telah diposting ke buku besar
·      Peserta didik mampu menjelaskan tata cara posting.
·      Peserta didik mampu membukukan jumlah angka dari jurnal ke buku besar.
·      Peserta didik mampu melakukan pengisian kode akun ke kolom referensi.

  II.        Materi Pembelajaran
          Kode akun dalam kolom referensi dan tata cara posting.
Penomoran kode akn dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu, dengan system numeric dan system decimal.

 III.       Metode Pembelajaran
          Teori dan praktek.

 IV.       Langkah – langkah Pembelajaran
          Langkah – langkah Pembelajaran terdiri dari:
·                                                                                  Kegiatan awal        : Apersepsi tentang membukukan jumlah angka dari jurnal ke buku besar.
·      Kegiatan inti                : Menjelaskan pengkodean dalam kolom referensi dan menjelaskan tata cara posting.
·      Kegiatan akhir           :  kesimpulan dari materi yang telah diPembelajarankan

V.           Alat/Bahan/Sumber Pembelajaran
·      Alat                                  :  Alat tulis.
·      Bahan                              :  Format yang diperlukan, kalkulator
                                                 dan penggaris.
·      Sumber Pembelajaran     :  Buku & modul akuntansi sebagai referensi.

 VI.       Penilaian                      :  Penilaian teori secara lisan dan tulisan dan praktek.           



                                                            Pekanbaru, 27 Juli 2009
                                                             Guru Mata Pembelajaran


                                                            Riska Ramadhona






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pembelajaran           :  Akuntansi                  
Kelas / Semester                  :  X/                   
Pertemuan Ke                     :                  
Alokasi Waktu                    :    
Standar Kompetensi          : Mengelolah buku besar
Kompetensi Dasar              : Menyusun daftar saldo akun dalam buku besar
 Indikator                             : Menyusun daftar saldo akun dalam buku besar umum dan daftar saldo dalam buku pembantu.

I.            Tujuan Pembelajaran
·    Peserta didik mampu menyusun daftar saldo akun dalam buku besar umum dan buku besar pembantu

II.          Materi Pembelajaran
         Daftar saldo akun dalam buku besar umum dan buku besar pembantu.
         Adalah daftar yang memuat seluruh akun buku besar beserta jumlah saldonya masing – masing. Sumber pencatatan daftar saldo adalah buku besar.
        
III.   Metode Pembelajaran
          Teori dan praktek.

IV.   Langkah – langkah Pembelajaran
          Langkah – langkah Pembelajaran terdiri dari :
a.      Kegiatan awal : Apersepsi tentang menyusun daftar saldo akun dalam buku besar.
b.     Kegiatan inti  : Menjelaskan cara penyusunan daftar akun dalam buku besar.
c.     Kegiatan akhir : Kesimpulan dari materi yang telah diPembelajarankan

V.     Alat/Bahan/Sumber Pembelajaran
·      Alat                         :  Alat tulis.
·      Bahan                          :  Format yang diperlukan, kalkulator dan penggaris.
·      Sumber Pembelajaran :  Buku & modul akuntansi sebagai referensi.

VI.   Penilaian                :  Penilaian teori secara lisan dan tulisan dan penilaian praktek.   



                                                            Pekanbaru, 27 Juli 2009
                                                             Guru Mata Pembelajaran


                                                            Riska Ramadhona


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pembelajaran    :  Akuntansi             
Kelas / Semester           :  X/              
Pertemuan Ke              :                         
Alokasi Waktu            :
Standar Kompetensi   :    Mengelolah buku besar
Kompetensi Dasar   :  Membukukan pencocokan saldo akun dalam buku besar dengan buku pembantu
   Indikator                    :      Melakukan pencocokan saldo akun dalam buku besar umum dengan buku besar pembantu.

II.     Tujuan Pembelajaran
·    Peserta didik mampu melakukan pencocokan saldo akun dalam buku besar umum dengan buku besar pembantu.

II.          Materi Pembelajaran
·    Pencocokan saldo akun dalam buku besar umum dengan buku besar pembantu.

III.   Metode Pembelajaran
          Teori dan praktek.

IV.   Langkah – langkah Pembelajaran
          Langkah – langkah Pembelajaran terdiri dari :
a.        Kegiatan awal          : Apersepsi tentang melakukan pencocokan saldo akun dalam buku besar dengan buku pembantu..
b.     Kegiatan inti            : Menjelaskan pengkodean dalam kolom referensi
                                                  Menjelaskan cara pencocokan akun buku besar umum dengan buku besar pembantu.
c.     Kegiatan akhir         : Kesimpulan dari materi yang telah diPembelajarankan.

V.     Alat/Bahan/Sumber Pembelajaran
·      Alat                           :  Alat tulis, kalkulator.
·      Bahan                        :  Format yg diperlukan.
·      Sumber Pembelajaran: Buku & modul akuntansi sebagai referensi dan bahan Pembelajaran lainnya.

VI.   Penilaian              :    Penilaian teori secara lisan dan tulisan dan penilaian praktek.   



                                                            Pekanbaru, 27 Juli 2009
                                                             Guru Mata Pembelajaran


                                                            Riska Ramadhona




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pembelajaran              :  Akuntansi               
Kelas / Semester                     :  X/                
Pertemuan Ke                        :                           
Alokasi Waktu                      : 
Standar Kompetensi             :  Mengelolah buku besar
Kompetensi Dasar                 :  Mempersiapkan pengelolaan buku besar
 Indikator                               : Menyebutkan peralatan yang dibutuhkan
   untuk pengelolaan buku besar dan buku pembantu
Menjelaskan bentuk buku besar dan buku   pembantu

II.       Tujuan Pembelajaran
·    Peserta didik mampu menyebutkan peralatan yang dibutuhkan untuk pengelolaan buku besar dan buku pembantu.
·    Peserta didiik mampu menjelaskan bentk buku besar dan buku pembantu.

II.          Materi Pembelajaran
·    Peralatan yang dibutuhkan untuk pengelolaan buku besar dan buku pembantu.
·    Bentuk – bentuk buku besar dan buku pembantu

III.   Metode Pembelajaran
          Teori dan praktek.

IV.   Langkah – langkah Pembelajaran
          Langkah – langkah Pembelajaran terdiri dari :
a.      Kegiatan awal     : Apersepsi tentang persiapan mengelola buku besar.
b.     Kegiatan inti      : Menjelaskan peralatan yang dibutuhkan untuk pengelolaan buku besar dan buku pembantu
Menjelaskan bentuk – bentuk buku besar dan buku    pembantu
c.     Kegiatan akhir    : Kesimpulan dari materi yang diPembelajarankan

V.     Alat/Bahan/Sumber Pembelajaran
·      Alat                          :  Alat tulis, kalkulator dan penggaris.
·      Bahan                        :  Format yg diperlukan
·      Sumber Pembelajaran: Buku & modul akuntansi sebagai referensi dan bahan Pembelajaran lainnya.

VI.   Penilaian           :    Penilaian teori secara lisan dan tulisan dan praktek.
                                                



                                                            Pekanbaru, 27 Juli 2009
                                                             Guru Mata Pembelajaran


                                                            Riska Ramadhona




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pembelajaran           :  Akuntansi                  
Kelas / Semester                  :  X/                   
Pertemuan Ke                     :                  
Alokasi Waktu                    :
Standar Kompetensi          : Menyelesaikan siklus akuntansi perusahaan jasa
Kompetensi Dasar               : Menyiapkan proses penyusunan laporan keuangan
 Indikator                             : 1. Mampu menyebutkan macam – macam laporan        keuangan.
                                        2. Mampu menguraikan bentuk laporan keuangan.
                                                  3. Mampu menyediakan peralatan yang dibutuhkan  untuk menyusun laporan keuangan.
I.          Tujuan Pembelajaran
·    Peserta didik mampu menyebutkan dan membedakan macam dan bentuk laporan keuangan dengan benar.

II.          Materi Pembelajaran
·    Macam – macam laporan keuangan
Laporan keuangan perusahaan meliputi neraca, laporan laba rugi, laporan perubahan modal, laporan arus kas dan catatan atas laporan keuangan.
·    Bentuk – bentuk laporan keuangan.
Bentuk penyajian laporan keuangan dapat disusun dalam bentuk akun atau bentuk laporan.
·    Peralatan yang dibutuhkan untuk menyusun laporan keuangan.

III.   Metode Pembelajaran
          Teori dan praktek.

IV.   Langkah – langkah Pembelajaran
          Langkah – langkah Pembelajaran terdiri dari:
a.      Kegiatan awal    : Penjelasan singkat tentang macam dan bentuk  laporan keuangan .
b.     Kegiatan inti      :  Menugaskan peserta didik untuk membuat rancangan 4 macam dan 2 bentuk laporan keuangan..
c.     Kegiatan akhir      : Menyajikan rancangan 4 macam laporan keuangan   dengan 2 bentuk laporan keuangan.

V.     Alat/Bahan/Sumber Pembelajaran
·      Alat                         :  Alat tulis.
·      Bahan                      :  Kertas folio.
·      Sumber Pembelajaran:  Buku & modul akuntansi sebagai referensi.

VI.   Penilaian              :    Penugasan mengerjakan rancangan 4 macam laporan keuangan dan 2 bentuk laporan keuangan..       




                                                            Pekanbaru, 27 Juli 2009
                                                             Guru Mata Pembelajaran


                                                            Riska Ramadhona





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pembelajaran         :  Akuntansi                    
Kelas / Semester                :  X/                     
Pertemuan Ke                   :                    
Alokasi Waktu                 :
Standar Kompetensi       :  Menyelesaikan siklus akuntansi perusahaan jasa
Kompetensi Dasar           :  Menyusun neraca lajur
   Indikator                           : Menyelesaikan kertas kerja.

III.  Tujuan Pembelajaran
·    Peserta didik mampu mengerjakan kertas kerja .

II.          Materi Pembelajaran
·    Kertas kerja.
Adalah alat Bantu untuk menyusun laporan keuangan.Kertas kerja dapat berbentk 10 kolom, 8 kolom dan 12 kolom

III.   Metode Pembelajaran
          Teori dan praktek.

IV.   Langkah – langkah Pembelajaran
          Langkah – langkah Pembelajaran terdiri dari :
a.      Kegiatan awal    :  Penjelasan singkat tentang neraca lajur.
b.     Kegiatan inti      :  Mengerjakan neraca lajur sesuai dengan waktu  yang telah ditetapkan.           
c.     Kegiatan akhir   :   Menyajikan neraca lajur dengan benar

V.     Alat/Bahan/Sumber Pembelajaran
·      Alat                                   :  Alat tulis, kalkulator.
·      Bahan                                : Blanko neraca lajur & blanko  jurnal penyesuaian
·      Sumber Pembelajaran   : Buku & modul akuntansi sebagai referensi dan bahan Pembelajaran lainnya.

VI.   Penilaian              :    Penugasan mengerjakan neraca lajur.     




                                                            Pekanbaru, 27 Juli 2009
                                                             Guru Mata Pembelajaran


                                                            Riska Ramadhona







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pembelajaran         :  Akuntansi                    
Kelas / Semester                :  X/                     
Pertemuan Ke                   :                    
Alokasi Waktu                 :
Standar Kompetensi       :  Menyelesaikan siklus akuntansi perusahaan jasa
Kompetensi Dasar           :  Melakukan posting ayat jurnal penyesuaian
   Indikator                           : Posting jurnal penyesuaian k e akun buku besar.

IV.  Tujuan Pembelajaran
·    Peserta didik mampu melakukan posting jurnal.
·    Penyesuaian ke akun buku besar

II.          Materi Pembelajaran
·    Posting jurnal penyesuaian ke akun buku besar.
Posting jurnal penyesuaian adalah pemindah bukuan dari jurnal penyesuaian ke akun buku besar.

III.   Metode Pembelajaran
          Teori dan praktek.

IV.   Langkah – langkah Pembelajaran
          Langkah – langkah Pembelajaran terdiri dari :
a.      Kegiatan awal    :  Penjelasan tentang posting jurnal penyesuaian.
b.     Kegiatan inti   : Mengerjakan posting jurnal penyesuaian kea kun buku besar.     
c.     Kegiatan akhir   : Menyajikan hasil posting jurnal penyesuaian dengan benar

V.     Alat/Bahan/Sumber Pembelajaran
·      Alat                          :  Alat tulis, kalkulator.
·      Bahan                        :  Blanko akun buku besar
·      Sumber Pembelajaran : Buku & modul akuntansi sebagai referensi dan bahan Pembelajaran lainnya.

VI.   Penilaian              :    Penugasan mengerjakan posting jurnal penyesuaian dari data penyesuaian ke akun buku besar. 



                                                            Pekanbaru, 27 Juli 2009
                                                             Guru Mata Pembelajaran


                                                            Riska Ramadhona





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pembelajaran           :  Akuntansi                  
Kelas / Semester                  :  X/                   
Pertemuan Ke                     :                  
Alokasi Waktu                    :
Standar Kompetensi          : Menyelesaikan siklus akuntansi perusahaan jasa      
Kompetensi Dasar              : Menyusun laporan keuangan
Indikator                             : Mengiktisarkan data dalam neraca     
                                      Mengiktisarkan data dalam laporan modal atau laporan saldo laba
                                                Mengiktisarkan data dalam laporan arus kas
                                                Mengiktisarkan data dalam laporan tambahan lain yang diperlukan perusahaan

II.         Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu mengerjakan laporan keuangan, yang terdiri dari laporan laba rugi, laba ditahan, neraca dan laporan arus kas dengan benar
        
III.       Materi Pembelajaran
          Laporan keuangan terdiri dari:
·        Laporan laba – Rugi, yaitu laporan keuangan yang memberikan informasi keberhasilan yang dicapai atau kegagalan yang menimpa suatu perusahaan dalam rangka menjalankan usahanya selama jangka waktu tertentu, yang dinilai dengan jumlah satuan uang.
·        Laporan neraca, yaitu laporan keuangan yang disusun secara sistematis yang menggambarkan posisi keuangan pada suatu saat tertentu yang terdiri dari aktiva, kewajiban dan ekuitas.
·        Laporan perubahan modal atau laporan arus kas, yaitu laporan keuangan yang memberikan informasi yang menggambarkan informasi mengenai perubahan yang terjai atas ekuitas pada suatu periode.

IV.       Metode Pembelajaran
          Teori dan praktek

V.          Langkah – langkah Pembelajaran
          Langkah – langkah Pembelajaran terdiri dari:
·      Kegiatan awal      :  Penjelasan singkat laporan keuangan
·      Kegiatan inti       :  Mengerjakan laporan laba rugi, laporan perubahan modal, laporan neraca dan laporan arus kas.
·      Kegiatan akhir    :  Menyajikan laporan keuangan dengan benar

VI.       Alat/Bahan/Sumber Pembelajaran
·      Alat                          :  Kalkulator, penggaris, dan alat tulis lain
·      Bahan                      :  Blanko laba rugi, laporan perubahan modal, neraca dan blanko laporan arus kas.
·        Sumber Pembelajaran      :  Buku – buku akuntansi sebagai referensi dan bahan Pembelajaran lainnya atau modul.

VII.    Penilaian                   :  Penugasan mengerjakan laporan laba rugi, laporan perubahan modal, laporan neraca dan laporan arus kas.          



                                                            Pekanbaru, 27 Juli 2009
                                                             Guru Mata Pembelajaran


                                                            Riska Ramadhona








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pembelajaran           :  Akuntansi                  
Kelas / Semester                  :  X/                   
Pertemuan Ke                     :                  
Alokasi Waktu                    :
Standar Kompetensi          : Menyelesaikan siklus akuntansi perusahaan jasa      
Kompetensi Dasar              : Membuat jurnal penutup
Indikator                             : Menguraikan ayat – ayat penutup      
Mengiktisarkan rekapitulasi jurnal penutup

I.          Tujuan Pembelajaran
 Peserta didik mampu mengerjakan jurnal penutup dengan benar.

II.       Materi Pembelajaran
·      Ayat jurnal penutup
Cara untuk membuat ayat penutup, adalah menutup buku besar dan membuat neraca sisa setelah penutupan dalam perusahaan dagang sama dengan perusahaan jasa.                                                                                  
·      Rekapitulasi jurnal penutup

III.     Metode Pembelajaran             :  Teori dan praktek

IV.          Langkah – langkah Pembelajaran
           Langkah – langkah Pembelajaran terdiri dari :
·    Kegiatan awal       :  Penjelasan singkat jurnal penutup
·    Kegiatan inti        : Mengerjakan jurnal penutup dari data akun laba- rugi dan mengihktisarkan rekapitulasinya
·    Kegiatan akhir : Menyajikan hasil pengerjaan jurnal penutup dan mengihktisarnya

V.     Alat/Bahan/Sumber Pembelajaran
    Alat                                 : Kalkulator, penggaris, dan alat tulis lain
Bahan                              : Blanko jurnal
       Sumber Pembelajaran  : Buku – buku akuntansi sebagai referensi dan bahan  Pembelajaran lainnya atau modul.

VI.       Penilaian         : Penugasan mengerjakan jurnal penutup dan mengihktisarkan rekapitulasinya dari data akun laba – rugi. 


                                                            Pekanbaru, 27 Juli 2009
                                                             Guru Mata Pembelajaran


                                                            Riska Ramadhona





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pembelajaran           :  Akuntansi                  
Kelas / Semester                  :  X/                   
Pertemuan Ke                     :                  
Alokasi Waktu                    :
Standar Kompetensi          : Menyelesaikan siklus akuntansi perusahaan jasa
Kompetensi Dasar               : Membukukan jurnal penutup
 Indikator                             : Melakukan posting jurnal penutup ke akun buku besar
V.     Tujuan Pembelajaran
·    Peserta didik mampu mengerjakan posting dari jurnal penutup ke akun buku besar laba – rugi..

II.          Materi Pembelajaran
·    Akun buku besar dan buku pembantu yang diperlukan
·    Menyajikan jurnal penutup.

III.   Metode Pembelajaran
          Teori dan praktek.

IV.   Langkah – langkah Pembelajaran
          Langkah – langkah Pembelajaran terdiri dari:
a.      Kegiatan awal   : Penjelasan singkat tentang posting jurnal penutup.
b.     Kegiatan inti     : Mengerjakan posting jurnal penutup ke akun buku besar.
c.     Kegiatan akhir : Menyajikan hasil posting pengerjaan jurnal penutup ke akun laba - rugi.

V.     Alat/Bahan/Sumber Pembelajaran
·      Alat                                        :  Alat tulis, kalkulator.
·      Bahan                                                 :  Blanko akun buku besar .
·      Sumber Pembelajaran             : Buku & modul akuntansi sebagai referensi dan bahan Pembelajaran lainnya.

VI.   Penilaian              :    Penugasan mengerjakan poeting jurnal penutup ke akun laba – rugi.    



                                                            Pekanbaru, 27 Juli 2009
                                                             Guru Mata Pembelajaran


                                                            Riska Ramadhona




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pembelajaran         :  Akuntansi                    
Kelas / Semester                :  X/                     
Pertemuan Ke                   :                    
Alokasi Waktu                 :
Standar Kompetensi       :  Menyelesaikan siklus akuntansi perusahaan jasa
Kompetensi Dasar           :  Menyusun daftar saldo setelah penutupan
   Indikator                           : Meringkas daftar saldo setelah penutupan.

VI.  Tujuan Pembelajaran
·    Peserta didik mampu mengerjakan daftar saldo setelah penutupan.

II.          Materi Pembelajaran
·    Daftar saldo setelah penutupan.
Tujuannya adalah untuk memastian bahwa sebelum memulai pencatatan data akuntansi periode berikutnya, akun – akun buku besar dalam keadaan seimbang.

III.   Metode Pembelajaran
          Teori dan praktek.

IV.   Langkah – langkah Pembelajaran
          Langkah – langkah Pembelajaran terdiri dari :
a.      Kegiatan awal          : Penjelasan singkat saldo setelah penutupan.
b.     Kegiatan inti            : Mengerjakan daftar saldo setelah penutupan.         
c.     Kegiatan akhir    : Menyajikan hasil penyusunan daftar saldo setelah penutupan

V.     Alat/Bahan/Sumber Pembelajaran
·      Alat                          :  Alat tulis, kalkulator.
·      Bahan                        :  Blanko daftar saldo setelah penutupan
·      Sumber Pembelajaran: Buku & modul akuntansi sebagai referensi dan bahan Pembelajaran lainnya.

VI.   Penilaian           :    Penugasan mengerjakan daftar saldo setelah penutupan. 




                                                            Pekanbaru, 27 Juli 2009
                                                                     Guru Mata Pembelajaran


                                                                                   Riska Ramadhona





0 komentar:

Poskan Komentar