Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
|
||
Nama
Sekolah
|
:
|
SD
Pondok Bambu 14
|
Mata
Pelajaran
|
:
|
Pendidikan
Agama Islam
|
Kelas/Semester
|
:
|
I
(satu)/ 1
|
Pertemuan
Ke
|
:
|
1
(satu)
|
Waktu
|
:
|
2X35
Menit
|
Standar
Kompetensi
|
:
|
Hafal Al Quran surat-surat pilihan
|
Kompetensi
Dasar
|
:
|
Hafal
|
Indikator
|
:
|
- Melafalkan
-
Menunjukkan hafal surat Al Fatihah
-
Mendemonstrasikan
|
Tujuan
Pembelajaran
|
:
|
Siswa hafal surah al-Fatihah dengan lancar
|
Materi
Pokok
|
:
|
Surat
Al Fatihah ayat 1-7
|
Metode
Pembelajaran
|
:
|
Hafalan
|
Langkah-langkah
Pembelajaran
|
a. Kegiatan
Awal
-
Guru-Siswa memberi salam
dan memulai pelajaran dengan mengucapkan
basmalah kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
-
Siswa menyiapkan Juz Amma
-
Siswa secara bersama membaca Juz Amma selama 5 – 10
menit
b. Kegiatan
Inti
-
Guru menjelaskan cara
melafalkan bacaan
-
Siswa melafalkan surat Al Fatihah bersama-sama (secara
klasikal) 2 – 3 kali.
-
Siswa melafalkan surat Al Fatihah ayat demi ayat secara
berkelompok
-
Guru melafalkan bacaan surat Al Fatihah dengan fasih
dan para siswa menirukannya dengan baik.
-
Siswa melafalkan bacaan surat Al Fatihah ayat demi ayat
dengan makhraj yang jelas.
-
guru memperhatikan serta membetulkannya jika ada siswa yang
salah melafalkan.
-
Siswa melafalkan surat Al Fatihah secara berulang-ulang
hingga terdengar dari setiap mereka makhraj huruf yang jelas.
-
Siswa mengulang-ulang hafalan surat Al Fatihah hingga
lancar.
-
Siswa (secara perorangan) mendemonstrasikan hafalan
surat Al Fatihah.
-
Guru menganjurkan siswa agar membaca “Basmalah” setiap
kali mereka akan memulai pekerjaan yang baik, seperti akan berangkat ke
sekolah, akan makan dan minum. Ketika mereka selesai mengerjakan sesuatu yang
baik seperti selesai belajar, selesai makan dan minum dan lain sebagaianya
atau ketika mereka mendapat pujian, guru menganjurkan agar mereka mengucapkan
“hamdalah” sebagai bentuk rasa syukur mereka kepada Allah swt.
-
Guru menerapakn bacaan surah al-Fatihah dalam
pelaksanaan shalat lima waktu
c.
Kegiatan
Akhir (Penutup)
-
Siswa secara bersama
(klasikal) melafalkan kembali bacaan
-
Guru memperhatikan dan
mendengarkan surah al-Fatihah yang dibacakan siswa.
-
Guru meminta agar para
siswa rajin mengulang-ulang bacaan
-
Guru menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan
membaca hamdalah/doá.
-
Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar
kelas dan siswa menjawab salam.
|
|
Alat
dan sumber
|
-
Al Qurán Juz Ámma
-
Buku Pendidikan Agama Islam SD Kelas I
-
Buku Metode Belajar Al
Qurán
-
CD Al Qurán Juz Ámma
-
Radio Kaset Bacaan Al Qurán Juz Ámma
|
|
Penilaian
|
:
|
- Tes Lisan
Setiap
siswa diminta untuk melafalkan
|
-
Tes Tulisan
Memberikan
atau menulis beberapa soal tertulis pada siswa
|
||
-
Tes Perbuatan
Beberapa orang siswa diminta mendemonstrasikan hafalan
surat Al Fatihah di depan teman-temanya yang lain
|
LEMBAR
PENILAIAN
I. Tes
Pengetahuan Nilai
= ............
No.
|
Butir –
butir Soal
|
Kunci
Jawaban
|
1.
|
Lafalkan surat Al Fatihah dengan benar
|
Anak mampu melafalkan surat Al Fatihah dengan benar
|
2.
|
Hafalkan surat Al Fatihah dengan baik dan benar
|
Anak dapat mengahafalkan surat Al Fatihah dengan lancar
|
II. Tes Perbuatan
No.
|
Nama
Siswa
|
Kemampuan
Membaca
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1.
|
||||||
2.
|
||||||
3.
|
||||||
dst
|
Keterangan
: Skor
Tes Perbuatan :
1
= Membaca lancar dan baik =
80 – 90 = A
2
= Membaca lancar kurang baik
= 70 – 79 = B
3
= Membaca Terbata-bata =
60 – 69 = C
4
= Membaca Terbata-bata dengan bantuan guru =
50 – 59 = D
5
= Tidak dapat membaca =
kurang dari 50 = E
III. Tes Sikap
No.
|
Pernyataan
|
SS
|
S
|
TS
|
STS
|
1.
|
Agar
dapat membaca surat Al Fatihah dengan baik
kita harus berulang kali
membacanya
|
||||
2.
|
Untuk menjaga hafalan surat Al Fatihah kita harus
menghafalnya secara berulangkali
|
||||
3.
|
Setiap kita mau melakukan
pekerjaan baik kita dianjurkan untuk terlebih dahulu memulainya dengan
membaca basmalah
|
||||
4.
|
Setiap kali kita selesai mengerjakan pekerjaan baik
kita dianjurkan untuk mengakhirinya dengan membaca hamdalah
|
||||
dst
|
………………………………………………..
|
Keterangan : Skor Tes Sikap:
SS = Sangat Setuju = 50
S = Setuju = 40
TS =
Tidak Setuju = 10
STS =
Sangat Tidak Setuju = 0
III.
Lembar Tugas
|
IV. Portofolio
Tes pengalaman dilakukan dengan menggunakan portofolio
dimana guru mencatat pengalaman agama berdasarkan antara lain:
-
apa yang dilihat;
-
laporan rekan guru dan pegawai lainnya; dan
-
laporan dari orangtua murid atau siswa
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
|
|||
Nama
Sekolah
|
:
|
SDN
Pondok Bambu 14
|
|
Mata
Pelajaran
|
:
|
Pendidikan
Agama Islam
|
|
Kelas/Semester
|
:
|
I
V (Empat)/ 1 (Satu)
|
|
Pertemuan
Ke
|
:
|
1
(satu)
|
|
Waktu
|
:
|
2X35
Menit
|
|
Standar
Kompetensi
|
:
|
Membiasakan
perilaku terpuji
|
|
Kompetensi
Dasar
|
:
|
- Meneladani perilaku taubatnya Nabi Adam AS
|
|
Indikator
|
:
|
- Menceritakan kisah Nabi Adam AS
-
Menunjukkan sikap meneladani taubatnya Nabi Adam AS
|
|
Tujuan
Pembelajaran
|
:
|
Siswa
mampu meneladani sikap terpunji Nabi Adam AS
|
|
Materi
Pokok
|
:
|
Kisah
taubat Nabi Adam AS
|
|
Metode
Pembelajaran
|
:
|
Ceramah, tanya jawab dan simulasi
|
|
Langkah-langkah
Pembelajaran
|
a. Kegiatan
Awal
-
Guru-Siswa memberi salam
dan memulai pelajaran dengan mengucapkan
basmalah dan kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
-
Siswa menyiapkan kitab suci Al Qurán
-
Siswa secara bersama membaca Al Qurán selama 5 – 10
menit
b. Kegiatan
Inti
-
Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan
diajarkan
-
Guru mengajukan pertanyaan tentang kisah taubat Nabi
Adam AS.
-
Guru menjelaskan kisah taubat Nabi Adam AS.
-
Siswa disuruh untuk mencermati kisah taubat Nabi Adam
AS berdasarkan penjelasan dari guru dan buku pelajaran.
-
Siswa melakukan diskusi tentang kisah taubat Nabi Adam
AS.
(i) Pembentukan
Sikap dan Perilaku
Guru menganjurkan siswa
agar menunjukkan sikap meneladani taubatnya Nabi Adam AS dalam kehidupan
sehari-hari. Contoh: bertaubat kepada Allah atau meminta maaf kepada sesama
apabila berbuat kesalahan baik disengaja ataupun tidak disengaja.
Siswa mengerjakan latihan
soal
c.
Kegiatan
Akhir (Penutup)
-
Guru meminta agar para
siswa mau mencermati dan meneladani kisah taubat Nabi Adam AS dalam kehidupan
sehari-hari.
-
Guru menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan
membaca hamdalah/doá.
-
Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar
kelas dan siswa menjawab salam.
-
Guru memberikan penilaian
|
||
Alat
dan sumber
|
-
Buku Pendidikan Agama Islam SD Kelas 4
-
Al-Quran
|
||
Penilaian
|
:
|
- Tes Lisan
Setiap
siswa melafalkan
|
|
-
Tes Tulisan
Latihan
soal-soal
|
|||
-
Tes Perbuatan
Siswa mendemonstrasikan hafalan surat Al Fatihah
|
|||
LEMBAR
PENILAIAN
I. Tes
Pengetahuan Nilai
= ............
No.
|
Butir –
butir Soal
|
Kunci
Jawaban
|
1.
|
Mengapa Nabi Adam Bertaubat kepada Allah?
|
Karena telah melakukan kesalahan melanggar larangan
Allah dengan memakan buah khuldi karena terbujuk rayuan iblis.
|
2.
|
Bagaimana cara-cara bertaubat kepada Allah?
|
Menyesali perbuatan dosa yang telah dilakukan dan
memohon ampun kepada Allah dengan beristighfar serta tidak mengulangi
perbuatan dosa kemabli dengan sengaja
|
II. Tes Perbuatan
No.
|
Nama
Siswa
|
Meminta Maaf
Atas Kesalahan Yang Dilakukan
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
4.
|
||||||
5.
|
||||||
6.
|
||||||
dst
|
Keterangan : Skor
Tes Perbuatan :
6
=
Membaca lancar dan baik =
80 – 90 = A
7
= Membaca
lancar kurang baik = 70 – 79 = B
8
= Membaca
Terbata-bata =
60 – 69 = C
9
= Membaca
Terbata-bata dengan bantuan guru = 50 –
59 = D
10
= Tidak dapat
membaca =
kurang dari 50 = E
III. Lembar
Tugas
|
IV. Portofolio
Tes pengalaman dilakukan dengan menggunakan portofolio
dimana guru mencatat pengalaman agama berdasarkan antara lain:
-
apa yang dilihat;
-
laporan rekan guru dan pegawai lainnya; dan
-
laporan dari orangtua murid atau siswa
No.
|
Butir –
butir Soal
|
Kunci
Jawaban
|
1.
|
Lafalkan surat Al Fatihah dengan benar
|
Anak mampu melafalkan surat Al Fatihah dengan benar
|
2.
|
Hafalkan surat Al Fatihah dengan baik dan benar
|
Anak dapat mengahafalkan surat Al Fatihah dengan lancar
|
II. Tes Perbuatan
No.
|
Nama
Siswa
|
Kemampuan
Membaca
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
7.
|
||||||
8.
|
||||||
9.
|
||||||
dst
|
Keterangan
: Skor
Tes Perbuatan :
11
= Membaca lancar dan baik =
80 – 90 = A
12
= Membaca lancar kurang baik
= 70 – 79 = B
13
= Membaca Terbata-bata = 60 – 69 = C
14
= Membaca Terbata-bata dengan bantuan guru =
50 – 59 = D
15
= Tidak dapat membaca =
kurang dari 50 = E
III. Tes Sikap
No.
|
Pernyataan
|
SS
|
S
|
TS
|
STS
|
1.
|
Agar
dapat membaca surat Al Fatihah dengan baik
kita harus berulang kali
membacanya
|
||||
2.
|
Untuk menjaga hafalan surat Al Fatihah kita harus
menghafalnya secara berulangkali
|
||||
3.
|
Setiap kita mau melakukan
pekerjaan baik kita dianjurkan untuk terlebih dahulu memulainya dengan
membaca basmalah
|
||||
4.
|
Setiap kali kita selesai mengerjakan pekerjaan baik
kita dianjurkan untuk mengakhirinya dengan membaca hamdalah
|
||||
dst
|
………………………………………………..
|
Keterangan : Skor Tes Sikap:
SS = Sangat Setuju = 50
S = Setuju = 40
TS =
Tidak Setuju = 10
STS =
Sangat Tidak Setuju = 0
IV. Portofolio
Tes pengalaman dilakukan dengan menggunakan portofolio
dimana guru mencatat pengalaman agama berdasarkan antara lain:
-
apa yang dilihat;
-
laporan rekan guru dan pegawai lainnya; dan
-
laporan dari orangtua murid atau siswa
|
||||
|
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (SDLB-A)
|
|||
Mata
Pelajaran
|
:
|
Pendidikan
Agama Islam
|
|
Kelas/Semester
|
:
|
I
V (Empat)/ 1 (Satu)
|
|
Pertemuan
Ke
|
:
|
1
(satu)
|
|
Waktu
|
:
|
2X40
Menit
|
|
Standar
Kompetensi
|
:
|
Membiasakan
perilaku terpuji
|
|
Kompetensi
Dasar
|
:
|
- Meneladani perilaku taubatnya Nabi Adam AS
|
|
Indikator
|
:
|
- Menceritakan kisah Nabi Adam AS
-
Menunjukkan sikap meneladani taubatnya Nabi Adam AS
|
|
Tujuan
Pembelajaran
|
:
|
Siswa
mampu meneladani sikap terpunji Nabi Adam AS
|
|
Materi
Ajar (Materi Pokok)
|
:
|
Kisah
taubat Nabi Adam AS
|
|
Metode
Pembelajaran
|
:
|
Ceramah, tanya jawab dan simulasi
|
|
Langkah-langkah
Pembelajaran
|
d. Kegiatan
Awal
-
Guru-Siswa memberi salam
dan memulai pelajaran dengan mengucapkan
basmalah dan kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
-
Siswa menyiapkan kitab suci Al Qurán (Braille)
-
Secara bersama membaca Al Qurán selama 5 – 10 menit
e. Kegiatan
Inti
Dalam kegiatan inti, guru
dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
(ii)Eksplorasi
-
Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan
diajarkan dengan kompetensi yang akan dicapai.
-
Mengajukan pertanyaan tentang kisah taubat Nabi Adam
AS.
(iii) Konsolidasi
Pembelajaran
-
Guru menyuruh para siswa
untuk membuka buku peljaran yang berkaitan dengan kisat taubat Nabi Adam AS.
-
Guru menjelaskan kisah taubat Nabi Adam AS.
-
Para siswa disuruh untuk mencermati kisah taubat Nabi
Adam AS berdasarkan penjelasan dari guru dan buku pelajaran.
-
Para siswa diajak untuk mendiskusikan secara bersama
tentang kisah taubat Nabi Adam AS.
(iv)
Pembentukan
Sikap dan Perilaku
Guru menganjurkan para
siswa agar menunjukkan sikap meneladani taubatnya Nabi Adam AS dalam
kehidupan sehari-hari. Contoh: mau bertaubat kepada Allah atau meminta maaf
kepada sesama apabila berbuat kesalahan baik disengaja maupun tidak
disengaja.
f.
Kegiatan
Akhir (Penutup)
-
Guru meminta agar para
siswa mau mencermati dan meneladani kisah taubat Nabi Adam AS dalam kehidupan
sehari-hari.
-
Guru menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan
membaca hamdalah/doá.
-
Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar
kelas dan siswa menjawab salam.
|
||
Alat
dan sumber
|
-
Buku Pendidikan Agama Islam SD Kelas 4 (Braille)
|
||
Penilaian
|
:
|
- Tes Lisan
Setiap
siswa diminta untuk melafalkan
|
|
-
Tes Tulisan
Memberikan
atau menulis beberapa soal tertulis pada siswa
|
|||
-
Tes Perbuatan
Beberapa orang siswa diminta mendemonstrasikan hafalan
surat Al Fatihah di depan teman-temanya yang lain
|
|||
LEMBAR
PENILAIAN
I. Tes
Pengetahuan Nilai = ............
No.
|
Butir –
butir Soal
|
Kunci
Jawaban
|
1.
|
Mengapa Nabi Adam Bertaubat kepada Allah?
|
Karena telah melakukan kesalahan melanggar larangan
Allah dengan memakan buah khuldi karena terbujuk rayuan iblis.
|
2.
|
Bagaimana cara-cara bertaubat kepada Allah?
|
Menyesali perbuatan dosa yang telah dilakukan dan
memohon ampun kepada Allah dengan beristighfar serta tidak mengulangi
perbuatan dosa kemabli dengan sengaja
|
II. Tes Perbuatan
No.
|
Nama
Siswa
|
Meminta Maaf
Atas Kesalahan Yang Dilakukan
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
10.
|
||||||
11.
|
||||||
12.
|
||||||
dst
|
Keterangan : Skor Tes Perbuatan :
16 = Membaca
lancar dan baik =
80 – 90 = A
17
= Membaca
lancar kurang baik = 70 – 79 = B
18
= Membaca
Terbata-bata =
60 – 69 = C
19
= Membaca
Terbata-bata dengan bantuan guru = 50 –
59 = D
20
= Tidak dapat
membaca =
kurang dari 50 = E
IV. Portofolio
Tes pengalaman dilakukan dengan menggunakan portofolio
dimana guru mencatat pengalaman agama berdasarkan antara lain:
-
apa yang dilihat;
-
laporan rekan guru dan pegawai lainnya; dan
-
laporan dari orangtua murid atau siswa
|
||||
|
0 komentar:
Posting Komentar